Cara Mengurangi Rasa Sakit Saat Persalinan

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

mengurangi-sakit-saat-melahirkan-doktersehat

DokterSehat.Com – Melakukan persalinan adalah takdir dari wanita. Hampir semua wanita mengalaminya, baik secara normal atau dengan pembedahan Caesar.  Keduanya pasti akan membuat wanita merasa sakit, terlebih yang melahirkan normal. Jangan khawatir karena ada cara mengurangi sakit persalinan.

Bersalin memang sangat menyakitkan dan jadi pengalaman berharga untuk semua wanita. Sayangnya, tidak semua memiliki toleransi sakit yang sama. Beberapa wanita tidak bisa menerima rasa sakit yang besar, sehingga mudah pingsan. Proses persalinan bisa berjalan dengan lancar dan minim rasa sakit jika Anda melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Berhubungan seks

Beberapa orang menyarankan wanita untuk melalukan seks dengan pasangan pada bulan akhir kehamilannya sebagai cara mengurangi sakit persalinan. Meski perut sudah membesar, seks tetap bisa dilakukan hingga wanita merasakan orgasme. Saat orgasme terjadi, rahim akan ikut berkontraksi dan rasa sakit sekaligus nikmat akan muncul.

Melakukan seks saat hamil dianggap memberikan jalan keluar bagi bayi. Anggapan itu sebenarnya salah kaprah. Faktanya adalah tubuh wanita akan terbiasa dengan kontraksi di rahim akibat orgasme. Kontraksi yang terjadi ini tidak akan dianggap sebagai rasa sakit lagi, tapi juga nikmat. Jadi, jangan heran kalau ada beberapa wanita yang merasa puas atau orgasme saat melahirkan.

  1. Melakukan akupuntur

Wanita yang baru pertama akan melahirkan pasti diliputi rasa takut dan cemas. Cara mengurangi sakit persalinan yang terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan melakukan akupuntur. Pengobatan asli dari Tiongkok ini dilakukan dengan menusukkan jarum di titik-titik tertentu pada tubuh yang bertanggung jawab pada rasa stres dan takut.

Setelah sesi akupuntur selesai, tubuh akan terasa lebih ringan. Hal ini bisa terjadi karena tubuh melepas endorfin yang memberikan efek relaks dan bahagia.

  1. Melakukan olahraga ringan

Saat sedang hamil, jangan malas untuk bergerak meski sekadar untuk jalan santai setiap pagi. Melakukan olahraga ringan dengan jenis kardio bisa menjadi cara mengurangi sakit persalinan. Kebiasaan ini akan melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh setiap hari.

Tubuh yang lebih relaks, bugar, dan aliran darahnya berjalan dengan baik tidak akan mudah mengalami sakit. Selain itu, tubuh juga mudah melepas endorfin seperti saat melakukan akupuntur atau seks.

  1. Terapi air

Terapi air bisa dilakukan pada wanita yang toleransinya terhadap rasa sakit sangat rendah. Wanita yang memasuki fase kontraksi awal menjelang persalinan bisa berandam di dalam air selama beberapa waktu. Air akan membuat kontraksi tidak terlalu terasa sehingga wanita bisa lebih relaks.

Saat wanita mulai merasa nyaman, mereka bisa dipindahkan ke meja persalinan kalau kontraksi sudah semakin kuat dan bayi akan lahir. Beberapa klinik persalinan juga menawarkan persalinan di dalam air secara alami. Persalinan di dalam air ini akan menurunkan rasa sakit dan membantu wanita untuk mengejan sehingga bayi bisa segera keluar dengan selamat.

  1. Pijat dengan aroma terapi

Salah satu keluhan yang sering diungkapkan oleh wanita saat akan melakukan persalinan adalah kontraksi yang sangat sakit. Kondisi ini akan berlangsung berkali-kali dan menyebabkan gangguan yang besar pada area perut bawah. Wanita akan susah bergerak dan untuk mengejan pun sulit.

Cara mengurangi sakit persalinan yang bisa dilakukan adalah dengan pijat aroma terapi menjelang persalinan dan saat akan melakukan persalinan bisa membantu membuang rasa sakit yang muncul. Tubuh akan merasa nyaman karena aroma terapi seperti minyak mawar akan memberi sinyal pada otak untuk menurunkan rasa sakit khususnya kejang pada otot di area vagina.

Inilah beberapa cara mengatasi atau mengurangi sakit saat persalinan, semoga bermanfaat!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel