Awas, Perut Kembung Belum Tentu Akibat Masuk Angin

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Cara Mengatasi Perut Kembung dan Mual dengan Bahan Alami

DokterSehat.Com– Salah satu gangguan pencernaan yang paling sering kita rasakan adalah masalah perut kembung. Sayangnya, kebanyakan orang menganggap masalah kesehatan ini sebagai kondisi yang sepele seperti masuk angin. Padahal, bisa jadi perut kembung menandakan adanya gangguan kesehatan yang lebih serius.

Menurut pakar kesehatan, perut kembung ternyata termasuk dalam gejala dari hampir semua masalah kesehatan yang berasal dari saluran pencernaan, termasuk maag, diare, hingga infeksi pada usus. Hanya saja, perut kembung memang seringkali disebabkan oleh aerofagi, kondisi dimana kita tidak sadar menelan banyak sekali udara saat makan atau berbicara. Selain itu, terkadang kita juga mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya akan kandungan gas seperti kubis dan kol atau minuman bersoda.

Karena alasan inilah, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak makan terlalu cepat sehingga bisa membuat udara yang masuk ke dalam perut menjadi lebih banyak. Selain itu, ada baiknya kita juga mengunyah makanan seperti kol, brokoli, apel, serta avokad hingga lebih lembut. Beberapa jenis makanan yang berminyak seperti gorengan juga bisa memicu produksi gas dengan lebih banyak dan lebih sulit untuk dicerna oleh perut sehingga memicu datangnya perut kembung.

Gangguan perut kembung ternyata juga bisa dipicu oleh ketidakseimbangan enzim di dalam perut, menumpuknya kotoran di usus akibat sembelit atau kebiasaan menunda-nunda buang air besar, hingga mengonsumsi beberapa jenis obat-obatan seperti obat diabetes berjenis akorbase.

Jika kita ingin mengatasi masalah perut kembung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk menggunakan bahan-bahan alami atau herbal seperti jahe merah dan kunyit. Bahan-bahan alami ini akan mampu memecah gas di dalam usus sekaligus mencegah produksi gas lainnya. Hal inilah yang nantinya akan membantu menurunkan sensasi kembung di dalam perut.

Hanya saja, jika kondisi perut kembung ini terus berlangsung meski kita sudah berusaha untuk mengonsumsi bahan-bahan herbal dan terjadi dalam waktu yang lama, yakni berhari-hari atau berminggu-minggu, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter karena bisa jadi hal ini disebabkan oleh masalah kesehatan lain yang lebih serius.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel