Adakah Efek Samping Suntik Insulin Pada Penderita Diabetes?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

tes-diabetes-doktersehat
Photo Source: Flickr/v1ctor

DokterSehat.Com– Diabetes termasuk dalam penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Agar tetap berada dalam kondisi sehat dan tidak mengalami komplikasi, penderitanya harus menjaga gaya hidup tetap sehat, khususnya dalam hal menjaga pola makan dengan kadar gizi yang seimbang. Selain itu, sebagian dari penderita diabetes juga harus mendapatkan suntikan insulin karena tubuhnya tidak mampu lagi memproduksi hormon insulin dengan cukup demi mengendalikan kadar gula di dalam darah.

Meskipun suntikan insulin memang bisa membantu penderita diabetes untuk tetap sehat, ternyata ada beberapa efek samping dari suntikan ini. Sebagai contoh, setelah mendapatkan suntikan, maka insulin akan segera bekerja untuk memetabolisme gula darah dan akhirnya membuat kadar gula menurun dengan cepat. Hal ini akan membuat penderita diabetes akan mengalami gejala seperti mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak dan bernapas dengan lebih cepat. Dalam beberapa kasus, penurunan kadar gula darah dengan drastis ini bisa membuat penderita diabetes kehilangan kesadaran atau jatuh pingsan.

Penderita diabetes yang secara rutin menyuntikkan insulin juga bisa mengalami dampak buruk bagi jaringan kulitnya. Tertancapnya jarum suntik bisa merusak jaringan kulit dan akhirnya menyebabkan peradangan atau inflamasi. Bahkan, ada sebagian penderita diabetes yang sampai mengalami gejala alergi seperti pembengkakan atau gatal-gatal pada bagian kulit yang disuntik.

Banyak penderita diabetes yang mengeluhkan munculnya sensasi pusing kepala akibat menurunnya kadar gula. Kondisi ini membuat otak kehilangan sumber energi utamanya sehingga memicu kondisi ini. Bahkan, dalam beberapa kasus, hal ini bisa menyebabkan gangguan metabolisme, sensasi melayang, hingga tubuh yang lemah.

Dalam kasus yang cukup ekstrim, suntikan insulin bahkan bisa menyebabkan hiperglikemia atau meningkatnya kadar gula darah dengan drastis yang akhirnya menyebabkan tubuh lemas, sering buang air kecil, dan munculnya rasa haus yang berlebihan. Bahkan, ada sebagian orang yang sampai mengalami kejang-kejang.

Suntikan insulin tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan harus berdasarkan saran dari dokter terlebih dahulu sehingga diharapkan tidak akan sampai menyebabkan berbagai efek samping. Hanya saja, jika sampai penderita diabetes mulai mengalami efek samping tersebut dengan parah, jangan ragu untuk segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Adakah Efek Samping Suntik Insulin Pada Penderita Diabetes?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel