9 Manfaat Rumput Laut bagi Tubuh

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Doktersehat-rumput-laut

DokterSehat.Com – Rumput laut kerap kali dianggap sebagai pelengkap dari sajian minuman dingin. Padahal, rumput laut adalah salah satu makanan yang bisa memberikan efek positif bagi kesehatan. Apa saja manfaat rumput laut yang bisa didapatkan?

Sebelum Anda mengetahui khasiat rumput laut, Anda juga harus tahu kandungan apa saja yang terdapat di rumput laut. Rumput laut rendah kalori dan serat, tetapi mengandung beragam nutrisi, seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral termasuk magnesium, mangan, kalsium, folat, zat besi, yodium, kalium, sodium, dan tembaga, dalam jumlah yang cukup tinggi.

Selain itu, rumput laut juga mengandung antioksidan, vitamin A, C, E, K, kolin dan fosfor meski dalam jumlah sedikit.

Berikut adalah manfaat rumput yang berguna bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Melancarkan sistem pencernaan tubuh

Rumput laut bisa memberikan efek yang bagus bagi sistem pencernaan tubuh. Jika Anda mengonsumsi rumput laut setiap hari, maka Anda bisa meningkatkan fungsi dari sitem pencernaan.

Rumput laut memiliki kandungan serat dalam jumlah tinggi, yang diketahui dapat menunjang kesehatan saluran pencernaan. Selain itu, polisakarida pada rumput laut juga membantu meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang terdapat pada saluran cerna. Dengan terjaganya sistem pencernaan maka Anda juga lebih mudah untuk mengendalikan berat badan.

  • Menjaga kadar hormon

Rumput laut juga kaya akan kandungan vitamin K sehingga jika Anda mengonsumsinya setiap hari, maka Anda bisa mendukung kelenjar adrenal dalam tubuh sehingga hormon di dalam tubuh pun menjadi lebih seimbang dan membuat banyak organ tubuh yang bekerja dengan normal.

  • Meningkatkan libido

Khasiat rumput laut juga dipercaya bisa meningkatkan kadar libido dalam tubuh. Disamping membuat gairah bersama pasangan menjadi lebih baik, rumput laut juga diklaim mampu membuat tingkat kesuburan seseorang meningkat dengan signifikan.

  • Menjaga kesehatan tulang

Karena rumput laut kaya akan kalsium dan magnesium, tentunya hal itu baik untuk membuat tulang menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko terkena osteoporosis sejak dini.

  • Mencegah penyakit kanker

Mengonsumsi rumput laut dengan rutin ternyata juga bisa mencegah beberapa penyakit kanker layaknya kanker payudara atau kanker usus besar mengingat adanya kandungan fucoidan yang bisa membunuh dan menghambat perkembangan sel-sel kanker yang berbahaya bagi tubuh.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Khasiat rumput laut berguna bagi Anda yang memiliki luka. Rumput laut kaya akan vitamin K, di mana vitamin ini berkoordinasi dengan trombosit – jenis sel yang dapat membentuk gumpalan/pembekuan darah. vitamin K akan mengirim sinyal kimia di mana trombosit mengumpulkan darah dan membekukannya, sehingga saat Anda terluka, luka tersebut akan berhenti mengalir

  • Meningkatkan energi

Kandungan lainnya yang terdapat pada rumput laut adalah zat besi. Manfaat rumput laut ini adalah memproduksi energi untuk digunakan menjalankan aktivitas sehari-hari. Kurangnya zat besi dapat menyebabkan anemia, sehingga Anda menjadi mudah lesu dan lemah.

Semangkuk rumput laut menyediakan 1,1  atau 0,8 mg zat besi. Memasukkan rumput laut ke dalam makanan sehari-hari dapat membantu Anda mencapai kebutuhan 8 mg zat besi harian pada laki-laki, atau 18 mg zat besi untuk perempuan.

  • Mencegah kerusakan sel

Manfaat rumput laut lainnya adalah menurunkan reaktivitas dari radikal bebas. Produksi radikal bebas yang berlebih merupakan penyebab terjadinya beberapa jenis penyakit tertentu.

Jika Anda rutin mengonsumsi rumput laut, kemungkinan terjadinya kerusakan sel menjadi lebih rendah. Flavonoid dan karotenoid, dua komponen yang terdapat pada rumput laut diketahui dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

  • Menjaga kesehatan jantung

Dengan kandungan serat larut, asam lemak omega-3 dan antioksidan, rumput laut bermanfaat untuk kesehatan jantung. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan gizi dalam rumput laut mampu mengurangi kolesterol jahat (LDL), menurunkan tekanan darah serta mencegah pembekuan darah. Namun, hasil penelitian masih diperlukan  studi lanjutan untuk memperkuat bukti ini.

Nah, itulah manfaat rumput laut yang bisa Anda dapatkan. Selamat mencoba.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel