5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Kondisi Ketiak

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

tanda-kesehatan-dari-ketiak-doktersehat

DokterSehat.Com – Masalah kesehatan yang dialami oleh pria dan wanita biasanya bisa dilihat dari kondisi kemaluannya. Pada pria, kalau kondisi penisnya mengeluarkan carian tertentu bisa jadi tanda gonore. Selanjutnya pada wanita, kalau vagina mengelami perdarahan abnormal di luar waktu menstruasi, bisa jadi ada gangguan pada rahim.

Selain melalui kemaluan, gangguan kesehatan atau kondisi tertentu dari tubuh juga bisa dilihat secara langsung dari ketiak. Ya, area di bawah ruas tangan bagian atas ini juga bisa menunjukkan tanda gangguan pada tubuh. Berikut beberapa gangguan yang mudah dikenali.

  1. Gatal yang cukup mengganggu

Salah satu gangguan yang paling sering terjadi di ketiak adalah gatal dan perasaan tidak nyaman lain seperti panas. Kondisi ini akan semakin parah kalau seseorang berkeringat. Aroma tidak sedap juga akan muncul dan menyebabkan tubuh butuh deodoran untuk meredakannya.

Gatal yang muncul di ketiak pasca berkeringat merupakan tanda ada infeksi bakteri. Area ketiak dijadikan tempat bakteri untuk tumbuh dan akhirnya menginfeksi. Rasa gatal mungkin akan hilang setelah mandi. Namun, begitu berkeringat akan kembali lagi. Segera periksa ke dokter kalau gatal makin parah dan mengubah kulit ketiak.

  1. Ruam dan merah-merah

Selain gatal biasa yang bisa hilang dengan mandi, area dari ketiak juga bisa muncul ruam-ruam merah. Ruam ini akan menyebabkan rasa gatal dan perih yang cukup besar. Saat digunakan bergerak, mandi, atau terkena keringat akan terasa lebih parah sehingga area itu harus segera disterilkan.

Kalau sudah muncul ruam-rumah merah, berarti ketiak mengalami infeksi cukup parah. Beberapa penyakit kulit bisa hadir di sana dan tumbuh dengan cepat. Area ketiak sangat lembap, mudah berkeringat, dan mudah sekali dihinggapi penyakit.

Selain karena infeksi dari penyakit, area ini juga bisa muncul ruam karena pakaian. Bahan pakaian yang tidak lembut bisa menyebabkan rasa sakit saat tergesek. Selanjutnya adalah detergen yang digunakan. Kalau detergen yang digunakan tidak cocok dengan kulut bisa sebabkan ruam.

  1. Benjolan dan nyeri

Benjolan agak besar dan muncul di ketiak merupakan tanda kelainan pada kelenjar limfa. Kelainan ini muncul karena sistem tubuh mengalami gangguan atau dipicu oleh tumor. Kalau benjolan di area ketiak terasa sangat sakit, ada baiknya untuk sesegera memeriksakan diri ke dokter karena masalah serius akan datang.

Benjolan di ketiak dan terjadi pada wanita merupakan tanda dari kanker payudara. Sekecil apa pun benjolan yang ada di ketiak harus segera diatasi agar kondisi kanker atau masalah lainnya tidak menyebar dan menyebabkan masalah yang lebih parah.

  1. Keringat berlebih

Keringat berlebihan bisa terjadi pada siapa saja setelah berolahraga. Namun, kalau keringat berlebihan justru muncul pada hari biasa dan sedang tidak melakukan aktivitas berat, berati ada perubahan hormonal pada tubuh. Pada wanita, kondisi ini sering muncul menjelang menopause.

Kondisi ini tidak menyebabkan masalah serius. Hanya saja, wanita perlu menjaga kondisi sanitasi tubuhnya agar tidak terjadi masalah seperti iritasi dan bau badan tidak sedap.

  1. Muncul bisul

Bisul yang muncul di ketiak dalam jumlah banyak atau sedikit bisa jadi tanda penyakit. Kalau bisulnya kecil-kecil dan banyak serta diikuti dengan tubuh yang pusing dan demam, herpes sedang menginfeksi tubuh. Kalau bisulnya hanya satu atau dia saja dan segera pulih bisa jadi tanda Anda jarang membersihkan area ketiak dengan maksimal.

Inilah lima masalah kesehatan yang muncul dan bisa dilihat dari ketiak. Beberapa masalah mungkin tidak terlalu berat, tapi Anda tetap harus waspada.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "5 Masalah Kesehatan yang Bisa Dilihat dari Kondisi Ketiak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel