10 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Kadar Kolesterol!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

sayur-okra-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.Com– Salah satu jenis sayuran yang mungkin masih belum familiar di Indonesia, yakni okra atau yang lebih dikenal dengan istilah asing “lady finger”. Okra memiliki nama ilmiah Abelmoschus Esculentus yang umumnya hanya tumbuh di Negara beriklim tropis, seperti Indonesia. Sayur okra ini memiliki tekstur berlendir dan bisa diolah dengan cara ditumis. Seperti sayuran lainnya, manfaat okra juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Manfaat okra yang bisa Anda Anda dapatkan adalah seperti berikut ini.

Manfaat Okra bagi Kesehatan

1. Bersifat antikanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan paling ditakuti oleh hampir semua orang. Penyakit tersebut bisa dicegah dengan cara mengonsumsi obat ataupun makanan tertentu. Ternyata, sayur okra juga bersifat antikanker sehingga bisa mencegah sel kanker tumbuh dalam tubuh. Hal ini dikarenakan tanaman okra adalah sumber antioksidan yang sangat baik dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, serta bisa melindungi tubuh dari radikal bebas dan mutasi sel kanker.

2. Baik untuk penderita diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh naiknya kadar gula dalam tubuh. Pemicunya bisa karena terlalu banyak mengonsumsi nasi putih serta makanan manis. Diabates bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi makanan sehat, salah satunya adalah okra. Manfaat okra memiliki sifat alami yang mampu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, Anda bisa mengonsumsi 6-8 buah okra setiap hari.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Masalah pencernaan yang paling sering dialami oleh sebagian besar orang adalah susah buang air besar (BAB). Ketika susah BAB, perut akan menjadi terasa penuh dan tidak nyaman, bahkan bisa terasa sakit karena terlalu banyak menyimpan sampah. Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengonsumsi okra. Sayur okra ini dipercaya mampu melancarkan BAB karena memiliki kandungan serat dan lendir yang mampu dijadikan sebagai obat pencahar.

4. Membantu penyakit ginjal

Dalam sebuah penelitian dari 417 pasien dengan penyakit ginjal, okra mengurangi kadar protein tinggi dalam urine, yang merupakan penanda kerusakan ginjal. Pada 35 pasien dengan penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes, sayur okra bertindak sebagai antioksidan, mengurangi kadar protein tinggi dalam urine, dan meningkatkan fungsi ginjal.

5. Membantu mengatasi diabetes

Percobaan yang telah dilakukan pada tikus hamil yang menderita diabetes, manfaat okra mengurangi gula darah dan insulin. Ini juga mengurangi HbA1C (penanda diabetes), dan prosuksi karbohidrat hati.

Pada tikus obesitas dan diabetes, ekstrak okra mengurangi gula darah, juga meningkatkan berat badan. Ini bisa terjadi ketika kadar gula darah membaik setelah periode gula darah tinggi. Okra adalah sayuran yang dapat meningkatkan penggunaan gula oleh otot-otot tikus diabetes (peningkatan glikogen otot). Suplemen okra juga dapat mengurangi penyerapan gula di usus tikus diabetes.

 

6. Melindungi hati

Masih ujicoba pada tikus, ekstrak okra meningkatkan kesehatan hati:

  • Meningkatkan penampilan dan aktivitas hati (meningkatkan morfologi dan meningkatkan superoksida dismutase, katalase, glutathione peroxidase, dan glutathione)
  • Normalisasi tingkat enzim hati (SGPT dan total bilirubin)
  • Meningkatkan protein darah yang bermanfaat dibuat di hati (albumin) hingga 30%
  • Meningkatkan kadar protein darah total

7. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat sayur okra mengurangi kadar kolesterol darah pada tikus yang menderita diabetes dengan mengurangi penyerapan kolesterol dari usus.

Pada tikus diabetes, itu mengurangi kolesterol berbahaya dalam darah (kolesterol total, kolesterol LDL, dan lipoprotein sangat rendah dibandingkan dengan kontrol) dan meningkatkan kolesterol HDL yang bermanfaat.

Ekstrak okra mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol total pada tikus obesitas.

8. Mengurangi kelelahan

Biji okra dapat meningkatkan stamina pada tikus (waktu berenang). Biji okra juga mengurangi senyawa berbahaya yang menurunkan produksi energi pada tikus (mengurangi asam laktat darah dan nitrogen urea darah).

Pada tikus, biji okra meningkatkan penyimpanan energi dan perlindungan sel di hati (peningkatan glikogen dan malondialdehid, superoksida dismutase, dan glutathione peroxidase).

9. Melindungi perut

Pada tikus, okra sayuran yang dapat mengurangi kerusakan dan efek racun alkohol pada hati (lapisan yang dilindungi dengan mengurangi stres oksidatif dan memperbaiki kadar darah hemoglobin).

Manfaat okra mengurangi pengikatan bakteri ke sel-sel perut manusia dalam penelitian sel (memblokir reseptor permukaan H. pylori).

10. Membantu tingkatkan memori

Beberapa gen meningkatkan risiko penyakit Alzheimer (gen hemochromatosis). Dalam sebuah penelitian sel, manfaat sayur okra dapat meningkatkan antioksidan yang menguntungkan dalam sel dengan gen ini (penurunan spesies oksigen reaktif (ROS) dan tau fosforilasi), yang dapat melindungi terhadap penyakit.

 

 



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Sayur Okra untuk Kesehatan, Bisa Kurangi Kadar Kolesterol!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel