10 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Photo Credit: flickr.com

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak suka dengan buah kelengkeng? Buah berbentuk bulat kecil ini bisa membuat setiap orang ketagihan dan tidak bisa berhenti mengunyahnya. Di balik ukurannya yang kecil, ternyata manfaat buah kelengkeng baik untuk tubuh karena kaya akan nutrisi yang menyehatkan. Sebagai contoh, di dalam 100 gram kelengkeng saja kita sudah bisa mendapatkan 1,3 protein, 15 gram karbohidrat, 1,3 gram serat, 84 mg vitamin C, dan 1 mg kalsium. Melihat banyaknya nutrisi yang menyehatkan ini, rutin memakannya akan akan manfaat kelengkeng seperti berikut ini.

Manfaat Buang Kelengkeng untuk Kesehatan 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat kelengkeng yang pertama dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Bila mengonsumsi setengah mangkuk kelengkeng sudah bisa memenuhi 80 persen asupan harian vitamin C. Dengan mendapatkan asupan vitamin C yang cukup, maka penyerapan zat besi pada makanan akan berjalan dengan maksimal, sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat, dan menyehatkan kulit dari dalam.

2. Kaya antioksidan

Buah ini tinggin kadar antioksidan, maka khasiat kelengkeng akan membuat tubuh lebih baik dalam melawan paparan radikal bebas, penyebab penyakit seperti peradangan kronis, penyakit jantung, hingga kanker.

3. Baik bagi kesehatan kulit

Khasiat buah kelengkeng ternyata bisa membantu membuat kulit semakin sehat, cantik, mulus, dan bersinar, karena kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi. Bahkan, masyarakat China ternyata sudah lama memaksimalkan buah kelengkeng demi menjaga kesehatan kulit.

4. Baik bagi kesehatan jantung

Khasiat buah kelengkeng dapat membantu produksi sel darah merah terjaga jika rutin makan kelengkeng. Tak hanya itu, khasiat kelengkeng mampu menangkal berbagai radikal bebas dan bisa membuat jantung serta pembuluh darah menjadi semakin sehat, karena tingginya kandungan antioksidan.

5. Anti kanker

Kelengkeng memiliki kadar polifenol yang tinggi. Senyawa polifenol seperti asam galat menghilangkan radikal bebas penyebab stres dan zat beracun yang dapat menyebabkan kanker. Buah, bunga, dan biji kelengkeng merupakan antioksidan yang sama kuatnya.

Manfaat buah kelengkeng dari ramuan China yang sudah diekstrak, dapat mengatasi sintesis DNA terganggu dan menekan onkoprotein yang tidak diinginkan dalam tumor dan menghancurkannya.

Oleh karena itu, mengonsumsi buah kelengkeng atau bubuk ekstrak biji secara sistematis dapat menghambat sel kanker payudara, kolorektal, hati, paru-paru, dan leher rahim.

6. Anti-inflamasi

Orang Asia menggunakan ramuan buah lengkeng untuk menyembuhkan luka, alergi, flu, dan penyakit radang lainnya. Cangkang, daging buah, dan biji memiliki phytochemical anti-inflamasi seperti asam galat, epikatekin, dan asam ellagic.

Senyawa-senyawa ini menghambat produksi bahan kimia pro-inflamasi seperti prostaglandin, histamin, nitrat oksida, dan faktor nekrosis jaringan (TNF) dalam tubuh Anda.

Juga, karena melimpahnya vitamin B dan C, manfaat kelengkeng meningkatkan penyembuhan dan mengobati kondisi peradangan kronis seperti edema, GERD, irritable bowel disease (IBS), alergi kulit, luka, luka bakar, psoriasis, dan penyakit Crohn.

7. Mengobati anemia dan defisiensi besi

Ekstrak kelengkeng, bersama dengan ramuan asli lainnya, digunakan dalam pengobatan tradisional China untuk menyembuhkan anemia yang sulit diatasi, trombositopenia, dan gangguan terkait darah lainnya.

Kelengkeng kering mengandung 1,5 mg zat besi per ons. Menambahkan kelengkeng dalam puding atau salad buah Anda akan meningkatkan jumlah trombosit dan konsentrasi hemoglobin – terutama dalam menstruasi yang diharapkan wanita.

8. Mengurangi stres dan mengobati insomnia

Obat yang tersedia secara komersial untuk mengobati insomnia yang menargetkan reseptor GABA, reseptor histamin, dan pusat aktif lainnya di otak Anda memiliki manfaat sementara dan efek samping jangka panjang. Daun dan daging kelengkeng memiliki senyawa bioaktif yang menekan tingkat neurotransmitter yang menyebabkan kecemasan, insomnia, dan stres.

Klaim penelitian tahun 2014 yang menemukan, dalam kombinasi dengan turunan hipnosis lainnya, dapat meningkatkan kualitas tidur dan durasi tidur. Khasiat buah kelengkeng juga dapat meningkatkan kecerdasan otak dan memori dengan meningkatkan kelangsungan hidup neuronal.

9. Menurunkan berat badan

Buah kelengkeng rendah lemak dan kalori, ini merupakan pilihan sehat bagi mereka yang ingin mengurangi lemak dalam tubuh. Manfaat kelengkeng dapat meningkatkan energi, meningkatkan stamina dan mengurangi nafsu makanan, karena buah ini mengandung karbohidrat kompleks. Satu setengah cangkir kelengkeng mengandung hanya 35 kalori yang menjadikannya sebagai makanan yang sehat untuk diet rendah kalori.

10. Mengobati gigitan ular

Biji kelengkeng terbukti dapat mengobati gigitan ular. Caranya dengan menekan biji kelengkeng ke area gigitan ular yang akan menyerap racun dan menyembuhkan bekas gigitan. Bijinya juga mengandung saponin yang bekerja luar biasa untuk rambut dan dapat digunakan sebagai bahan penting dalam sampo.

Mengetahui adanya berbagai manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, Anda tak perlu ragu lagi mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Berat Badan!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel