Waktu Terlarang Minum Kopi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

efek-kopi-berlebihan-pada-wanita-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Kopi masih menjadi salah satu minuman yang paling digemari oleh manusia. Tak percaya? Tak hanya dikonsumsi di dalam rumah, kita juga bisa mendapatkannya di hampir semua kafe, restoran, dan kedai-kedai minuman. Kopi juga dianggap sebagai salah satu minuman yang bisa mendukung gaya hidup.

Tak hanya rasanya yang nikmat, kopi juga memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Telah banyak penelitian yang membuktikan hal ini. Hanya saja, pakar kesehatan juga mewanti-wanti kita untuk tidak sembarangan mengonsumsi kopi, termasuk dalam hal meminumnya dengan jumlah yang berlebihan atau meminumnya di waktu yang tidak tepat. Sebenarnya, di waktu-waktu mana sajakah sebaiknya kita tidak minum kopi?

Jam berapa kita mulai minum kopi? Banyak orang yang sengaja meminumnya saat baru sampai di tempat kerja, yakni sekitar pukul 08.00 atau 09.00. Di jam-jam ini, kita memang membutuhkan penambah semangat dan penghilang rasa kantuk setelah lelah berkendara. Hanya saja, menurut Steven Miller dari Services University of the Health Sciences, meminum kopi di jam-jam tersebut justru bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Hal ini disebabkan oleh kadar hormon kortisol di dalam tubuh telah berada dalam jumlah yang tinggi secara alami. Jika kita mengonsumsi kopi yang juga bisa menambah kadar hormon kortisol, maka hal ini akan membuat tubuh berada dalam kondisi yang tidak stabil. Selain itu, jika kita sering meminumnya di pagi hari, maka tubuh akan kehilangan kemampuan untuk memproduksi hormon kortisol secara alami dan membutuhkan kopi agar bisa memproduksinya. Hal ini membuat kita menjadi lebih rentan mengalami kecanduan.

Waktu minum kopi lainnya yang sangat tidak dianjurkan adalah setelah makan. Meski terlihat wajar untuk dilakukan, dalam realitanya kebiasaaan ini bisa mengganggu proses penyerapan zat besi tubuh. Jika kita sering melakukannya, maka risiko untuk terkena masalah anemia pun meningkat.

Ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi kopi di malam hari, apalagi di dekat dengan waktu tidur. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Medical Research Council Laboratory of Molecular Biology yang ada di Cambridge, disebutkan bahwa minum kopi di malam hari membuat kita menunda rasa kantu hingga 40 menit. Hal ini tentu bisa menurunkan waktu dan kualitas tidur dengan signifikan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Waktu Terlarang Minum Kopi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel