Pusar Bayi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Hai ibu bidan,saya ingin bertanya anak saya umur 3 minggu skrg.tali pusarnya tidak lepas sndiri,tp terlepas karena tersenggol oleh kakinya sendiri,seharusnya tali pusarnya itu terlepas 2/3 hari lagi..jd pusarnya itu belum kering..saya ksh obat trs kemudian kering..sekarang basah lagi dan agak bengkak memerah disekitarnya..apa itu tidak apa2?dan bgmn cara mengatasinya? Dia jg sering kali muntah/gumoh kata orgtua..apa itu jg tidak apa2?

Ditulis oleh Fransiska


 


Jawaban Bidanku.com


Hi juga Bunda


Perawatan tali pusat pada bayi baru lahir menjadi hal yang perlu diperhatikan. Tali pusat bayi baru lahir yang tersisa 2-3 cm inilah yang harus mendapatkan perawatan khusus supaya tali pusat cepat kering dan tidak terkena infeksi. Proses pelepasan tali pusat biasanya terjadi 1-3 minggu setelah lahir. Seharusnya biarkan tali pusar lepas sendiri hal ini akan membuat bayi lebih nyaman dan tidak merasakan sakit, namun yang terjadi pada bayi bunda sekarang adalah tali pusar yang tersenggol kaki dengan kata lain lepas “tertarik paksa” sebelum waktunya, hal ini tentu saja akan menimbulkan rasa sakit pada bayi. Kondisi Memerah sekaligus bengkak merupakan salah satu tanda adanya infeksi, baiknya segera hubungi ahlinya untuk pengobatan yang tepat guna menghentikan infeksi dan penyebarannya. Lebih jelas di artikel kami: Perawatan Bayi Baru Lahir


Gumoh sangat wajar terjadi pada bayi dibawah 2 tahun, si kecil mengalami gumoh karena lingkaran otot pada bagian bawah esofagusnya belum dewasa jadi terkadang membuat makanan dari perutnya kembali ke esofagus. Selain itu posisi menyusi yang salah bisa menjadi penyebab gumoh, kelebihan ASI dan juga karena bayi yang terlalu aktif (baca: Cara Menyusui Yang Benar). Meskipun wajar namun bunda harus tetap waspada, karena jika gumoh berlebih akan menyebabkan berbagai komplikasi yang tentu menghambat pertumbuhan bayi.


Beberapa hal yang patut di waspadai sehubungan dengan gumoh:


· Penurunan berat badan atau tidak ada kenaikan berat badan


· Infeksi dada berulang


· Muntah disertai darah


. Bayi dehidrasi


· Gangguan pernafasan misal henti nafas, biru atau nafas pendek


‎Akan tetapi ingat satu hal jaga supaya gumoh nya tidak masuk kedalam saluran ‎pernapasan karena hal itu sangat berbahaya, tidurkan bayi nya ke posisi miring agar menghindari gumoh masuk ke saluran pernapasan.


Selengkapnya bisa di baca: Bayi Muntah / Gumoh Setelah Di Beri ASI


Semoga Bermanfaat Bunda




Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Pusar Bayi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel