Punya Rumah di Pinggir Jalan Bisa Sebabkan Hipertensi

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

rumah-doktersehat
Photo Source: Flickr/ Best Picko

DokterSehat.Com– Memiliki rumah di pinggir jalan, apalagi di pinggir jalan raya yang sering dilewati kendaraan seringkali dianggap sebagai investasi yang baik. Tak hanya harga tanah dan bangunan yang akan naik dengan pesat, memiliki rumah di pinggir jalan bisa menjadi jalan untuk membuka usaha. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, rumah di pinggir jalan ternyata bisa memberikan kerugian di sisi medis, tepatnya dalam menyebabkan kenaikan risiko terkena hipertensi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu karena pola makan yang tidak sehat, kebiasaan merokok, malas berolahraga, hingga terpapar stres akibat pekerjaan atau hal-hal lainnya. Yang tidak banyak orang sangka adalah, sering terpapar kebisingan ternyata juga bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di University Hospital yang ada di Swedia, dihasilkan fakta bahwa masyarakat Provinsi Scania yang tinggal di sebelah jalan raya cenderung lebih rentan terkena hipertensi dibandingkan dengan mereka yang tinggal di lingkungan di dalam kampung, perumahan, apalagi di kawasan pedesaan. Mereka yang rentan terkena hipertensi ini lebih sering mendengar suara deru mesin kendaraan, suara klakson, sirine, hingga suara decitan rem di dalam rumahnya.

Menurut para peneliti, tinggal di dekat dengan keramaian atau di pinggir jalan raya sehingga sering terpapar suara hingga lebih dari 60 desibel sudah cukup untuk meningkatkan risiko terkena penyakit tekanan darah tinggi. Jika hal ini terus berlangsung, maka risiko untuk terkena penyakit jantung atau stroke meningkat dengan signifikan.

“Mereka yang berusia lebih tua juga lebih rentan untuk terkena hipertensi jika terpapar kebisingan setiap hari,” ucap salah satu peneliti, Theo Bodin.

Setidaknya, 30 persen masyarakat di Eropa tinggal di dekat dengan jalan raya dengan tingkat kebisingan mencapai 55 desibel atau lebih. Hal ini menjadi salah satu penyebab tingginya kasus hipertensi di benua tersebut.

Jika kita memiliki rumah di pinggir jalan, ada baiknya menjaga gaya hidup tetap sehat sehingga tidak akan mudah terkena masalah hipertensi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Punya Rumah di Pinggir Jalan Bisa Sebabkan Hipertensi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel