Pria Hipertensi Harus Patuhi Pantangan Ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

hipertensi, penyebab hipertensi, gejala hipertensi, pencegahan hipertensi

DokterSehat.Com– Semakin banyak pria yang terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan oleh gaya hidup yang buruk seperti suka mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak jahat dan garam, kurang tidur, malas berolahraga, dan kebiasaan merokok.

Jika sampai pria sudah terkena masalah hipertensi, maka risiko untuk terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya juga meningkat. Penyakit-penyakit ini sangat mematikan sehingga tentu penderitanya harus pandai-pandai mengatur gaya hidup dan mematuhi berbagai pantangan.

Pantangan pertama yang harus dipatuhi oleh pria penderita hipertensi adalah tidak lagi mengonsumsi makanan kemasan dan makanan olahan seperti keripik kemasan, sosis, nugget, dan lain-lain. Makanan-makanan ini memiliki kandungan garam yang tinggi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika garam kaya akan kandungan natrium yang bisa membahayakan kesehatan pembuluh darah, khususnya dalam hal meningkatkan tekanan darah.

Selain makanan kemasan dan makanan olahan, makanan cepat saji dan makanan kalengan juga sebaiknya dihindari. Sebagai contoh, sup kalengan yang terlihat sehat ternyata memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi, yakni sekitar 900 hingga 2.000 mg.

Pantangan lain yang harus dipatuhi pria penderita hipertensi adalah dengan tidak mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan lemak jenuh dan lemak trans. Makanan-makanan ini bisa berupa gorengan, kulit ayam, jeroan, mentega, dan daging merah. Tingginya kadar lemak jenuh dan lemak trans pada makanan-makanan ini bisa memperburuk kondisi pembuluh darah dan akhirnya meningkatkan tekanan darah yang sudah terlanjur sangat tinggi.

Penderita hipertensi juga sebaiknya mulai menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Meski memiliki rasa yang enak, dalam realitanya kafein jika dikonsumsi dengan berlebihan bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk membatasi konsumsi minuman berkafein maksimal sekitar 200 mg saja dalam sehari bagi penderita hipertensi.

Makanan lain yang sebaiknya dihindari oleh pria penderita hipertensi adalah acar. Agar awet, produsen acar biasanya menambahkan garam dalam jumlah yang tinggi sehingga jika dikonsumsi tentu bisa memberikan efek buruk bagi kondisi tekanan darah tubuh.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Pria Hipertensi Harus Patuhi Pantangan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel