Perlukah Orang Dewasa Minum Obat Cacing?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

azithromycin-doktersehat

DokterSehat.Com– Setelah mencapai usia dewasa, kita cenderung semakin menyepelekan kondisi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, saat anak-anak kita biasanya rajin minum obat cacing enam bulan sekali. Dengan mengonsumsi obat cacing, maka kita pun tidak akan mudah terkena masalah cacingan. Sebenarnya, apakah obat cacing masih diperlukan di usia dewasa?

Sebagaimana anak-anak, orang dewasa ternyata juga tetap rentan terkena masalah cacingan, apalagi jika kita sering tidak mencuci tangan sebelum makan, sering makan di tempat yang kurang higienis, dan tinggal di lingkungan yang cenderung kumuh. Jika sampai orang dewasa mengalami masalah cacingan, maka risiko kesehatan seperti gangguan penyerapan nutrisi hingga penyumbatan pada usus bisa terjadi.

Cacing biasanya berada di tempat yang cenderung lembab seperti tanah yang gembur dan pasir. Jika kita bekerja sebagai petani, peternak, atau memiliki hobi berkebun yang membuat kita rentan terkena tanah, pasir, atau bahkan kotoran hewan secara langsung, maka kita juga rentan untuk terkena cacing atau telurnya. Dengan minum obat cacing, maka kita tentu tidak akan mudah terkena cacingan meski terkadang kita tanpa sengaja menempelkan tangan yang sudah terkontaminasi dengan cacing ke mulut atau tidak mencuci tangan hingga bersih sebelum makan.

Jika kita tinggal di wilayah yang cenderung kumuh seperti di bantaran kali, perumahan padat, atau di tempat dimana sanitasi tidak baik, ada baiknya kita juga rajin mengonsumsi obat cacing karena ada kemungkinan wilayah tempat tinggal kita memiliki banyak cacing atau larva. Selain itu, bisa jadi bahan makanan yang berasal dari tempat ini juga sudah terkontaminasi oleh cacing.

Melihat adanya fakta ini, orang dewasa masih perlu untuk mengonsumsi obat cacing setidaknya enam bulan sekali. Selain itu, agar tidak sampai terkena masalah cacingan, ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan dan setelah keluar dari toilet, selalu mencuci bahan makanan seperti sayuran dan buah hingga benar-benar bersih, dan memasak makanan hingga benar-benar matang sehingga cacing atau larvanya mati dan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Perlukah Orang Dewasa Minum Obat Cacing?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel