Mengapa Mood Bisa Rusak Gara-Gara Lapar?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-marah

DokterSehat.Com– Saat lapar, kita tak hanya merasakan sensasi tidak nyaman pada perut, melainkan juga perubahan suasana hati. Bahkan, ada anggapan yang menyebutkan bahwa lapar bisa membuat kita mudah marah. Sebenarnya, apa sih penyebab dari perubahan suasana hati ini?

Kita tentu mengenal perubahan suasana hati saat lapar ini dengan sebutan hangry, kombinasi dari hungry dan angry atau lapar dan marah. Penyebabnya ternyata karena proses pada sistem metabolisme tubuh kita. Menurut pakar kesehatan dari University of Guelph, hal ini terkait dengan jam biologis tubuh, tepatnya pada kebiasaan makan kita setiap hari.

Dilansir dari Daily Mail, munculnya rasa lapar disebabkan oleh tubuh yang mengeluarkan sinyal bahwa kita sedang kekurangan glukosa, sumber energi utama dari otak. Tak hanya membuat perut terasa tidak nyaman, tubuh juga akan menjadi lemah, kepala akan pusing, dan badan akan mengalami sensasi gemetar. Kondisi ini dalam dunia medis disebut sebagai hipoglikemia.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh dr. Fransesco Leri ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada kaitan erat antara gula darah atau glukosa, sistem dalam otak, dan stres metabolik. Hal inilah yang membuat kita mengalami perubahan suasana hati tatkala melakukan aktivitas dengan kondisi perut kosong. Bahkan, dr. Leri juga menyebutkan bahwa kita bisa saja mengalami depresi akibat kekurangan nutrisi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan gangguan metabolisme dalam memicu masalah kesehatan mental ini.

Penelitian ini menggunakan tikus percobaan yang dikondisikan agar mengalami sensasi lapar. Hasilnya adalah, tidak membutuhkan waktu lama untuk melihat tikus-tikus ini mengalami perubahan suasana hati dan kondisi mental. Tikus-tikus ini juga cenderung semakin lamban dan sulit untuk bergerak. Mereka juga kemudian mengalami peningkatan hormon stres seperti kortisol. Setelah diberi asupan makanan, kadar hormon stres dalam tikus cenderung berkurang dengan signifikan. Mereka pun kembali bisa melakukan aktivitas dengan normal.

Jika memang perut berada dalam kondisi lapar, jangan ragu untuk segera mengonsumsi makanan atau camilan sehat demi mengatasinya agar kita bisa kembali beraktivitas dengan normal dan tidak mudah marah.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Mood Bisa Rusak Gara-Gara Lapar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel