Mengapa Bayiku Belum Bisa Tengkurap?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Anak saya usia 8 bulan blm bisa merangkak dan tengkurapnya juga jarang jaranf. Dulu lahir prematur usia 32 minggu. Apa ada kesalahan medis ya? Bqgaimana cara merangsang agar bisa tengkurap? Terimakasih. Dari Aminah nur Haqiqi.

Ditulis oleh aminah


Jawaban Bidanku.com


Hallo Bunda Aminah


Normal nya bayi lahir pada usia 34 – 39,40 minggu jika bayi dilahirkan di usia 34 minggu kebawah itu dikatakan prematur. Bayi prematur kemungkinan memang lebih lambat dalam menguasai suatu

keterampilan dibanding bayi lahir cukup bulan. Hal ini di pengaruhi oleh berbagai faktor, sepertinya misalnya ada gangguan saat persalinannya, ada saraf yang terganggu, gangguan pernapasan, dll. Tentunya hal ini perlu di periksa lebih lanjut dengan dokter ahlinya.


Bunda bisa mencoba stimulasi merangkak di bawah ini, namun jangan terlalu di paksakan.


Cara Menstimulasi Bayi Agar Dapat Tengkurap Sendiri


Tengkurapkan bayi pada kedua paha anda secara perlahan. Posisi seperti ini akan membuat kepala bayi tergantung dan melatih dirinya untuk dapat mengangkat kepalanya sendiri.

Mulailah melatih bayi anda untuk tengkurap setiap hari dalam waktu yang seingkat. Bantu bayi untuk membalikkan tubuhnya dan biarkan ia berada dalam posisi tengkurap selama 2-3 menit. Bila bayi telah terbiasa anda bisa meningkatkan durasinya menjadi 7-10 menit sehari.

Jika bayi anda belum dapat mengangkat kepalanya sendiri, maka bantulah bayi dengan cara memberikan sanggahan berupa bantal untuk menopang dagunya. Namun tetap perhatikan pengawasan anda demi keamanaan si bayi.

Posisi lain dalam menengkurapkan bayi, anda bisa meletakan bayi diatas tubuh anda yang terlentang dan biarkan bayi tengkurap. Posisi ini akan menjaga kontak mata bayi dengan anda dan membuat bayi merasa terlindungi.

Selain itu untuk melihat perkembangan dan kemampuan bayi tiap bulannya, bunda bisa membaca artikel-artikel kami berikut


Perkembangan Bayi


Terima kasih semoga membantu




Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Bayiku Belum Bisa Tengkurap?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel