Kenali Gejala Stres hingga Pengobatannya

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Doktersehat-gejala-stres

DokterSehat.Com– Stres adalah reaksi tubuh terhadap situasi yang tampak berbahaya atau sulit, stres membuat tubuh untuk memproduksi hormon adrenalin yang berfungsi untuk mempertahankan diri, stres merupakan bagian dari kehidupan manusia.

Stres yang ringan berguna memacu seseorang untuk berpikir, berusaha lebih berpikir dan berusaha lebih cepat dan keras sehingga dapat menjawab tantangan hidup sehari-hari.

Stres ringan bisa merangsang dan memberikan rasa lebih bergairah dalam kehidupan yang biasanya membosankan dan rutin. Tetapi stres yang terlalu banyak dan berkelanjutan, bila tidak ditangani akan berbahaya bagi kesehatan.

Gejala Stres 

  • Menjadi mudah tersinggung dan marah terhadap teman, keluarga dan kolega.
  • Bertindak secara agresif dan defensif.
  • Merasa selalu lelah.
  • Sukar konsentrasi atau menjadi pelupa.
  • Palpitasi atau jantung berdebar-debar.
  • Otot-otot tegang.
  • Sakit kepala, perut dan diare.

Komplikasi stres 

Penyebab stres atau stressor

Stressor adalah faktor-faktor dalam kehidupan manusia yang mengakibatkan terjadinya respons stres. Stressor dapat berasal dari berbagai sumber, baik dari kondisi fisik, psikologis, maupun sosial dan juga muncul pada situasi kerja, di rumah, dalam kehidupan sosial, dan lingkungan luar lainnya. Istilah stressor diperkenalkan pertama kali oleh Selye (dalam Rice, 2002).

Menurut Lazarus Dan Folkman (1986) stressor dapat berwujud atau berbentuk fisik (seperti polusi udara) dan dapat juga berkaitan dengan lingkungan sosial (seperti interaksi sosial). Pikiran dan perasaan individu sendiri yang dianggap sebagai suatu ancaman baik yang nyata maupun imajinasi dapat juga menjadi stressor.

Menurut Lazarus dan Cohen (1977), tiga tipe kejadian yang dapat menyebabkan stres yaitu:

  • Daily hassles yaitu kejadian kecil yang terjadi berulang-ulang setiap hari seperti masalah kerja di kantor, sekolah dan sebagainya.
  • Personal stressor yaitu ancaman atau gangguan yang lebih kuat atau kehilangan besar terhadap sesuatu yang terjadi pada level individual seperti kehilangan orang yang dicintai, kehilangan pekerjaan, masalah keuangan dan masalah pribadi lainnya.

Ditambahkan Freese Gibson (dalam Rachmaningrum, 1999) umur adalah salah satu faktor penting yang menjadi penyebab stres, semakin bertambah umur seseorang, semakin mudah mengalami stres. Hal ini antara lain disebabkan oleh faktor fisiologis yang telah mengalami kemunduran dalam berbagai kemampuan seperti kemampuan visual, berpikir, mengingat dan mendengar.

Pengalaman kerja juga memengaruhi munculnya stres kerja. Individu yang memiliki pengalaman kerja lebih lama, cenderung lebih rentan terhadap tekanan-tekanan dalam pekerjaan, daripada individu dengan sedikit pengalaman (Koch Dan Dipboye, dalam Rachmaningrum,1999). Selanjutnya masih ada beberapa faktor lain yang dapat memengaruhi tingkat stres, yaitu kondisi fisik, ada tidaknya dukungan sosial, harga diri, gaya hidup dan juga tipe kepribadian tertentu (Dipboye, Gibsin, Riggio dalam Rachmaningrum, 1999).

Cara Mengobati Stres

Perawatan untuk menghilangkan stres biasanya melibatkan kombinasi metode yang dapat mencakup perubahan gaya hidup, konseling, dan teknik relaksasi atau manajemen stres.

Perlakuan terhadap stres Anda akan sangat bervariasi tergantung pada jenis gejala yang Anda alami dan seberapa parahnya gejala tersebut.
Perawatan dapat berkisar dari jaminan sederhana hingga perawatan rawat inap dan evaluasi di rumah sakit.

Setelah dilakukan pemeriksaan dan evaluasi yang cermat oleh dokter untuk menyingkirkan penyebab medis dari gejala Anda dan untuk membantu mengidentifikasi kondisi stres atau emosional yang terjadi, ada beberapa cara untuk menghilangkan stres. Tergantung pada kepribadian dan gaya hidup Anda, satu atau lebih modalitas ini mungkin tepat untuk Anda:

  • Program latihan teratur
  • Diet sehat dan kebiasaan gizi
  • Biofeedback sesuai indikasi
  • Yoga
  • Meditasi
  • Akupunktur
  • Konseling oleh profesional kesehatan mental yang berkualitas, sesuai kebutuhan
  • Intervensi medis untuk setiap masalah fisik yang ditemukan.


Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel