Hobi Makan Saus Sambal? Waspadai Hal Ini

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

saus-sambal-tomat-doktersehat
Photo Source: Flickr/Mattieb

DokterSehat.Com– Selain sambal, banyak orang yang hobi mengonsumsi saus, baik itu saus pedas ataupun saus tomat. Rasa saus yang manis dan pedas ini bisa membuat makanan menjadi lebih mantap. Biasanya, saus ini dicampurkan pada makanan berkuah atau yang berbahan dasar mie seperti mie ayam, soto, dan bakso. Hanya saja, terkadang kita juga menambahkannya di lauk seperti telur goreng, gorengan, dan makanan lainnya. Yang menjadi masalah adalah, jika kita sering mengonsumsinya setiap hari, risiko untuk terkena penyakit berbahaya juga meningkat.

Saus sambal yang nikmat ini terdiri dari cabai, garam, gula, bahan pengawet, dan bahan aditif. Sebagai contoh, di dalam satu porsi saus sambal yang ukurannya sangat kecil atau setara dengan satu sendok teh ini memiliki kandungan 80 mg natrium dan 1 gr gula. Padahal, menurut pakar kesehatan Tracy Lockwood dari New York, Amerika Serikat, kita bisa saja mengonsumsi dua sendok makan saus sambal setiap kali makan. Jika kita melakukannya berkali-kali setiap hari, maka konsumsi natrium, gula, dan bahan kimia lainnya bisa melebihi batas aman.

Jika kita mengonsumsi natrium dengan berlebihan misalnya, maka tubuh akan lebih rentan terkena ketidakseimbangan cairan tubuh, ketidakseimbangan elektrolit, perut kembung, hingga peningkatan tekanan darah yang tentu bisa berimbas pada meningkatnya risiko terkena hipertensi. Jika hal ini terus dibiarkan, maka akan berlanjut menjadi penyakit jantung atau stroke yang sangat mematikan.

Terlalu banyak mengonsumsi saus sambal juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut mulas atau bahkan diare. Tak hanya karena rasa pedas yang berlebihan, adanya bahan kimia, natrium, dan sodium dalam jumlah tinggi juga bisa memicu gangguan pencernaan.

Lockwood juga menyarankan kita untuk tak lagi menambahkan saus sambal di atas telur, sayuran, atau bahkan makanan lainnya. Meskipun memiliki rasa yang enak, hal ini bisa mengubah rasa masakan sekaligus membuat makanan yang awalnya sehat ini menjadi kurang sehat akibat adanya kandungan-kandungan yang ada di dalam saus. Jika memang ingin menambah rasa masakan, gunakan bumbu lain yang lebih sehat dan aman bagi tubuh seperti merica.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Hobi Makan Saus Sambal? Waspadai Hal Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel