Cuka Apel Bisa Menurunkan Asam Lambung?

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cuka-apel-doktersehat
Photo Source: magazine.job-like.com

DokterSehat.Com– Cuka apel belum benar-benar dikenal luas fungsinya oleh masyarakat. Padahal, menurut ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari bahan makanan ini. Sebagai contoh, kita tentu pernah melihat tips kesehatan yang menyebutkan bahwa cuka apel bisa menurunkan berat badan, mengatasi masalah jerawat, membuat rambut menjadi lebih sehat, hingga meredakan masalah asam lambung tinggi. Khusus untuk mengobati masalah asam lambung tinggi, apakah hal ini sesuai dengan fakta medis?

Cuka apel disebut-sebut termasuk dalam bahan makanan yang baik bagi organ pencernaan kita karena fungsinya mirip seperti probiotik alami. Sebagaimana kita ketahui, probiotik bisa membuat usus menjadi semakin sehat dan bakteri baik di dalam usus terjaga keseimbangannya. Hanya saja, menurut pakar kesehatan dari Independence Family Health Center Maged Rizk, disebutkan bahwa manfaat ini sepertinya hanya masih terbatas asumsi yang dipercaya oleh masyarakat saja. Dalam realitanya, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan manfaat cuka apel bagi kesehatan pencernaan, termasuk dalam hal meredakan masalah asam lambung.

Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa jika memang ada orang yang yakin jika cuka apel bisa mengatasi masalah asam lambung tinggi, maka ia masih bisa mengonsumsinya. Selain tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi, bisa jadi adanya sugesti positif setelah mengonsumsinya bisa memberikan manfaat berupa meredanya masalah asam lambung yang diderita.

Dilansir dari Cleveland Clinic, terdapat tips yang bisa kita lakukan untuk mengonsumsi cuka apel demi mengatasi masalah pencernaan, yakni dengan cara mencampurkan satu sendok teh cuka apel ke dalam secangkir air hangat. Minuman ini bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan sehingga bisa menenangkan asam lambung.

Hanya saja, jika memang masalah asam lambung yang dialami sudah sangat parah dan tak kunjung mereda meskipun kita sudah berusaha untuk mengubah pola makan atau mengonsumsi cuka apel, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter. Jika masalah kesehatan ini semakin parah, dikhawatirkan hal ini bisa menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius seperti kanker lambung.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "Cuka Apel Bisa Menurunkan Asam Lambung?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel