Cara Alami Mengatasi Mioma yang Tumbuh di Rahim

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

cara-atasi-mioma-dengan-alami-doktersehat

DokterSehat.Com – Mioma adalah tumor atau jaringan yang tumbuh pada otot rahim atau uterus. Jaringan yang tumbuh ini bisa berada di luar, di tengah, atau di permukaan dalam rahim. Pertumbuhan mioma ini berjalan cepat dan dipengaruhi oleh kadar estrogen di dalam tubuh wanita. Semakin tinggi estrogen, pertumbuhan mioma atau uterine fibroid ini semakin cepat.

Mioma menyebabkan beberapa gangguan yang cukup besar pada wanita. Pertama, penyakit ini menyebabkan gangguan perdarahan yang hebat saat menstruasi atau di luar itu. Selanjutnya, mioma juga mengganggu pembuahan karena janin tidak mungkin bisa mengalami implantasi ke dinding rahim.

Tanda mioma yang sering muncul

Mioma sering tumbuh dan tidak disadari oleh wanita. Biasanya kondisi mioma akan terlihat dengan jelas kalau beberapa kondisi di bawah ini sudah muncul.

  • Saat menstruasi, perdarahan yang keluar jauh lebih banyak. Biasanya perdarahan berjalan normal saja dan akan berhenti saat menstruasi usai. Pada kondisi ini, kadang perdarahan muncul setelah menstruasi selesai.
  • Perut bawah terasa sangat keras dan penuh, Kondisi ini menyebabkan wanita jadi malas makan karena begitu perut terisi, rasa sakit akan muncul cukup sering.
  • Tekanan di area pelvis semakin kuat. Terkanan ini menyebabkan wanita sering tidak nyaman saat duduk, berdiri, dan berjalan.
  • Sembelit akan sering muncul dan wanita sering mengalami sakit perut saat buang air besar.
  • Rasa ingin buang air kecil semakin sering terjadi. Meski tidak minum terlalu banyak, wanita akan kebelet ke kamar kecil meski setelah sampa di sana hanya keluar sedikit.
  • Rasa sakit saat seks.
  • Sering merasakan sakit di punggung belakang.

Cara mengatasi mioma secara alami

Cara terbaik untuk  menangani mioma adalah dengan operasi atau mengonsumsi obat tertentu yang mampu menekan hormon seks wanita. Selain dua cara itu, wanita juga bisa melakukan pengobatan dengan cara alami di bawah ini.

  1. Mengonsumsi teh hijau

Dari beberapa penelitian, teh hijau dianggap mampu menyembuhkan atau mengurangi ukuran dari mioma yang ada di dalam rahim. Kandungan antioksidan dari teh hijau mampu membuat tumor yang tidak mengandung kanker ini mengecil sehingga mudah diatasi dengan jalur operasi.

Biasanya operasi tidak bisa dilakukan kalau ukuran mioma terlalu besar. Biasanya mioma yang besar punya pembuluh darah sendiri sehingga kemungkinan terjadi perdarahan akan besar kalau tetap dipaksakan untuk melakukan operasi. Konsumsi teh hijau bisa dilakukan setiap hari tanpa ada tambahan gula.

  1. Ramuan tradisional Tiongkok

Dari penelitian yang dilakukan pada tahu 2002 silam, ramuan tradisional Tiongkok juga bisa menyembuhkan mioma dengan baik. Penyembuhan ini dilakukan dengan konsumsi ramuan dengan dosis tertentu.

Dari perlakuan ini, sebagian besar pasien mengalami penurunan ukuran dari mioma. Penurunan ini adalah tanda matinya beberapa jaringan tumor yang tidak bisa dikontrol pertumbuhannya seperti yang dilansir Verywell.

  1. Akupuntur

Akupuntur adalah salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengatasi mioma dengan cukup aman dan signifikan. Dari penelitian yang dilakukan pada tahun 2010 silam, akupuntur bisa menurunkan ukuran dari mioma. Dengan kata lain, pertumbuhan tumor bisa dikendalikan.

Mioma bisa terjadi pada siapa saja dan bisa diatasi dengan mudah kalau ukurannya masih kecil. Jika ukurannya sudah besar dan memiliki pembuluh darah pilihan pengobatan yang bisa dipilih adalah hiserektomi atau pengangkatan rahim baik sebagian atau semuanya.

Semoga ulasan di atas bisa kita jadikan tambahan pengetahuan untuk waspada dengan mioma. Kalau ada beberapa gejala di atas, segera lakukan pemeriksaan secara rutin sehingga ada atau tidaknya mioma bisa segera diatasi.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel