5 Fakta Tentang Penyakit PCOS yang Harus Wanita Pahami

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

mitos-sindrom-PCOS-doktersehat

DokterSehat.Com – Sindrom PCOS adalah salah satu gangguan seks yang sering dialami oleh wanita. Kalau wanita mengalami sindrom ini, kemungkinan mendapatkan kehamilan akan rendah. Selain itu, ada tanda lain yang sering muncul pada wanita seperti ada kumis dan banyak jerawat muncul di wajah yang susah disembuhkan.

Selain tanda-tanda yang mudah dikenali di atas. Wanita jarang sekali memahami kondisi PCOS. Bahkan, mereka sering mempercayai mitos yang sebenarnya salah kaprah. Nah, agar kita semua tidak sering keliru dengan kondisi PCOS, simak beberapa fakta tentang PCOS di bawah ini dengan saksama.

  1. Wanita dengan PCOS masih bisa hamil

Wanita dengan PCOS selalu divonis susah hamil atau malah tidak bisa hamil sama sekali. Vonis ini sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Wanita dengan kondisi PCOS masih bisa mengalami hamil meski kemungkinannya kecil. Beberapa wanita dengan kondisi PCOS masih bisa hamil dan mendapatkan keturunan.

Wanita yang mengidap PCOS biasanya harus meningkatkan kesuburannya kalau ingin hamil. Dengan mengubah gaya hidup mulai dari apa yang dimakan dan berolahraga, kemungkinan terjadi kehamilan akan tetap tinggi. Jadi, wanita dengan kondisi PCOS tidak perlu berkecil hati dengan kondisi yang dialaminya.

  1. PCOS berkaitan dengan kista di ovarium

Kista ovarium dan PCOS memang sama-sama membuat ovarium mengalami gangguan. Namun, dua penyakit ini sebenarnya berbeda satu dengan lain. Kista ovarium disebabkan oleh adanya endometriosis yang menyebar hingga ke ovarium. Selanjutnya, PCOS adalah gangguan di ovarium akibat tingginya testosteron di dalam tubuh.

Jadi, mitos kalau orang dengan kondisi PCOS selalu memiliki kista di ovarium adalah salah besar. Kalau terjadi kista, cara untuk mengatasinya adalah dengan jalur operasi. Sementara itu untuk PCOS biasanya dengan terapi obat atau hormon dengan risiko pada tubuh tidak terlalu besar.

  1. PCOS tidak selalu berkaitan dengan wanita obesitas

Salah satu kesalahan yang cukup fatal yang sering diyakini oleh wanita terkait dengan PCOS adalah obesitas. Wanita dengan kondisi obesitas atau susah sekali mengendalikan berat badannya berisiko alami PCOS. Padahal kondisi PCOS tidak berhubungan dengan obesitas yang terjadi pada wanita.

Banyak wanita dengan kondisi PCOS ini justru tidak memiliki tubuh yang tambun. Tubuh wanita justru biasa saja meski kondisi PCOS terjadi. Meski tidak ada hubungannya dengan PCOS. Wanita dengan kondisi obesitas bisa saja susah mendapatkan kehamilan karena kandungan lemak yang terlalu tinggi.

  1. Kondisi PCOS tidak bisa diatasi dengan pil KB

Banyak wanita meyakini kalau kondisi PCOS bisa diatasi dengan pil KB. Dengan menggunakan pil KB menstruasi mungkin akan berjalan rutin, tapi kehamilan tetap susah terjadi. Selain itu, pil KB juga tidak bisa menekan kadar testosteron di dalam tubuh wanita yang sebenarnya menjadi penyebab utama.

Cara terbaik untuk mengembalikan kondisi tubuh adalah menekan testosteron di dalam tubuh dengan baik. Kalau kadar testosteron menurun, kemungkinan estrogen bekerja dengan baik akan tinggi. Dampaknya, sel telur bisa dihasilkan dengan mudah.

  1. Menstruasi terganggu tidak selalu tanda PCOS

Wanita yang mengalami PCOS biasanya mengalami gangguan menstruasi selama bertahun-tahun. Nah, gangguan menstruasi yang dialami oleh wanita sebenarnya tidak selalu berhubungan dengan PCOS. Kondisi kesehatan yang menurun atau terlalu capai juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara terbaik untuk mengetahui apa yang sedang terjadi pada tubuh adalah dengan pemeriksaan. Dengan menemui dokter, gangguan yang terjadi bisa dijelaskan dengan lebih akurat.

Inilah fakta tentang PCOS yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat. Semoga bisa Anda gunakan sebagai referensii.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel