3 Manfaat Susu Kedelai, Bisa Kontrol Lemak, Lho!

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-susu-kedelai

DokterSehat.Com– Seberapa sering Anda mengonsumsi susu kedelai? Jika jarang, atau hanya sesekali saja, maka kini sebaiknya Anda mulai rutin minum susu kedelai, karena meksipun masih kerap dianggap sebelah mata, ternyata banyak manfaat susu kedelai yang tak kalah unggul dari susu hewani, lho!

Susu kedelai menjadi salah satu jenis susu nabati yang paling mudah diperoleh, ketimbang susu nabati lainnya misalnya susu almond.

Jadi, melimpahnya khasiat susu kedelai ini membuat kita ingin meminumnya secara rutin kan, Teman Sehat?

Jika sekarang Anda masih rutin mengonsumsi susu hewani, mungkin tak ada salahnya jika Anda melirik manfaat yang ditawarkan oleh susu kedelai, yang tentu berbeda dengan susu sapi atau susu kambing.

Penasaran? Yuk sama-sama kita simak apa saja sih manfaat susu kedelai, jika kita rutin meminumnya setiap hari, berikut di antaranya.

Manfaat Susu Kedelai

1. Mengontrol lemak dalam tubuh

Salah satu keunggulan utama mengonsumsi susu dari protein nabati adalah kandungan lemak jenuhnya yang jauh lebih rendah.

Makanan berprotein nabati memiliki kandungan lemak jenuh rendah dan lemak tidak jenuh yang lebih tinggi.

doktersehat bahaya kedelai
photo credit: Pexels

Hal inilah yang membuat susu kedelai menjadi unggul karena tidak menyebabkan kadar kolesterol dalam darah meningkat.

Selain itu, kandungan lemak tidak jenuh yang lebih tinggi pada susu kedelai akan mendukung kadar lemak baik, atau HDL, menjadi lebih tinggi dalam tubuh.

Kondisi ini, dalam jangka panjang, akan membuat kadar lemak dalam tubuh lebih terkontrol, sehingga lemak yang ada pada pembuluh darah lebih sedikit dan membuat kesehatan jantung semakin optimal.

doktersehat-kolesterol-jantung-saluran

Sehingga, secara tidak langsung, dengan rutin mengonsumsi susu kedelai kita juga akan mendukung kesehatan jantung, kan?

2. Lebih tinggi kandungan fitonutrien

Dibandingkan susu dari hewani, kandungan susu kedelai memiliki fitonutrien yang lebih tinggi. Mengingat susu kedelai berasal dari tanaman yang kandungan zat fitonutrien dan antioksidannya cenderung lebih tinggi dari pangan hewani. Kondisi ini tentu memberikan manfaat bagi tubuh berupa asupan berbagai zat yang penting untuk mendukung sistem dan organ tubuh lebih maksimal.

doktersehat-kedelai-alergi
Photo Credit: Nicetoenv

Perlu diketahui, fitonutrien adalah zat yang tidak dibutuhkan tubuh sehari-hari, namun asupannya akan sangat membantu berjalannya fungsi metabolisme tubuh dengan lebih baik.

Sedangkan antioksidan merupakan zat penangkal radikal bebas yang juga berfungsi untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Selain kandungan fitonutrien, kandungan protein yang ada pada susu nabati juga merupakan kandungan protein yang sama baiknya dengan protein hewani.

Asupan protein dari susu kedelai juga akan membantu tubuh dalam mengganti atau meregenerasi sel tubuh yang rusak. Jadi, kandungan gizi yang ada pada susu kedelai tidak kalah unggul dengan susu hewani.

3. Menyehatkan tulang

Jika Anda beranggapan bahwa susu kedelai tidak mampu memberikan manfaat untuk kesehatan tulang, maka sebaiknya Anda tidak lagi memercayai anggapan itu.

Berbagai pedoman kesehatan dan gizi telah menyebutkan bahwa kandungan susu kedelai memiliki vitamin D dan kalsium, sama baiknya dalam menjalankan fungsinya untuk mendukung kesehatan tulang.

doktersehat-olahraga-sehat-20menit-tulang-punggung

Kandungan fitonutrien yang ada pada susu kedelai, justru dinilai membantu penyerapan vitamin D dan kalsium lebih optimal dalam tubuh.

Hal ini secara tidak langsung akan memberikan manfaat bagi tulang, di antaranya adalah pencegahan terhadap osteoporosis. Sehingga, konsumsi susu kedelai tetap akan memberikan manfaat optimal bagi kesehatan tulang, bukan?

Nah, itu dia manfaat susu kedelai yang jarang Anda ketahui kan, Teman Sehat? Yuk mulai sekarang rutin minum susu kedelai untuk mendapatkan manfaatnya!



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "3 Manfaat Susu Kedelai, Bisa Kontrol Lemak, Lho!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel