10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

pemanasan-doktersehat

DokterSehat.Com– Ketika hendak berolahraga, tentunya kita semua telah terbiasa dengan kebiasaan yang dinamakan dengan pemanasan, ternyata manfaat pemanasan sangat baik, lho. Pemanasan sebelum olahraga sendiri merupakan sebuah aktivitas kecil yang dilakukan dengan gerakan-gerakan ringan dengan tujuan agar otot tidak kram saat berolahraga.

Gerakan pemanasan telah terbukti sehingga sangat direkomendasikan oleh setiap pelatih ataupun instruktur olahraga. Sebab, tidak ada satu jenis olahraga pun yang tak memiliki risiko. Semua olahraga memiliki risiko kram dan cidera otot, maka dari itu untuk mengantisipasinya diperlukan sebuah aktivitas yang disebut kebiasaan.

Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga 

Tahukah Anda ternyata pemanasan olahraga tak hanya bermanfaat seperti yang telah disebutkan di atas, tapi juga memiliki manfaat lainnya. Apa saja manfaat tersebut? Berikut di antaranya:

1. Meningkatkan kelenturan

Saat sebelum olahraga, pemanasan sangat penting untuk menjaga kelenturan tubuh. Sebab, ada beberapa kasus terjadi, salah satunya tubuh yang kaku menimbulkan sensasi nyeri ketika digerakkan dengan volume tinggi. Maka dari itu, dengan pemanasan, otot yang kaku tersebut dapat sedikit dilenturkan agar tidak menimbulkan rasa nyeri yang berarti.

2. Melancarkan pernapasan

Dari semua gerakan pemanasan yang biasa kita lakukan sangat erat kaitannya dengan pola pernapasan. Biasanya seseorang yang tak terbiasa olahraga akan mengalami sesak ketika langsung diforsir tenaganya. Untuk itu, lakukan pemanasan yang baik agar sirkulasi udara menjadi lebih stabil saat melakukan olahraga inti.

3. Menstabilkan detak jantung

Pernahkah Anda merasakan detak jantung yang berdegup kencang saat berolahraga? Tentu saja hal tersebut adalah hal yang biasa. Namun, walau termasuk hal yang biasa, tidak bisa disepelekan sedikitpun. Pasalnya, irama detak jantung bisa memberikan efek yang mengkhawatirkan jika tidak diatur atau distabilkan.

4. Mengurangi stres

Siapa sangka ternyata pemanasan tak hanya bermanfaat untuk fisik saja, melainkan juga untuk mental. Dengan pemanasan yang sedikit lebih lama, dipercaya akan meningkatkan mood seseorang untuk berolahraga. Sehingga, rasa stres dan depresi akan hilang karena efek rileksasi yang didapatkan karena aliran darah dan oksigen lancar.

5. Mengurangi risiko cedera

Pemanasan akan membantu untuk memasok pasokan nutrisi yang lebih besar ke otot, sehingga mengurangi nyeri otot dan membantu mempercepat pemulihan dari cedera otot dan sendi.

6. Meningkatkan stamina

Pemanasan mengendurkan otot dan tendon Anda yang mengurangi kelelahan otot dan meningkatkan aliran darah. Semakin lama Anda berolahraga semakin banyak energi yang Anda bakar, biasanya menyebabkan seseorang menjadi lelah. Dengan pemanasan, Anda dapat menunda timbulnya kelelahan otot dengan memastikan oksigen mengalir secara efisien melalui darah Anda, sehingga meningkatkan daya tahan Anda.

7. Meningkatkan sirkulasi darah

Meningkatkan aliran darah ke otot. Tidak hanya akan membantu mengurangi rasa sakit sebelum olahraga dan mempersingkat waktu pemulihan, tetapi akan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Sirkulasi darah yang lebih besar membantu meningkatkan pertumbuhan sel dan fungsi organ. Denyut jantung juga akan lebih rendah karena tidak harus bekerja dengan keras dan tekanan darah akan menjadi lebih merata dan konsisten.

8. Tingkatkan kinerja atletik

Jika otot Anda sudah berkontraksi karena Anda belum meregang, maka mereka akan kurang efektif selama latihan. Pemanasan sebelum lari secara teratur akan mengendurkan semua otot Anda dan karena itu memungkinkan mereka untuk lebih tersedia selama latihan.

9. Mengurangi rasa sakit

Pemanasan sebelum latihan memberi waktu otot Anda untuk rileks. Peningkatan aliran darah meningkatkan pasokan nutrisi ke otot dan mengurangi rasa sakit di otot setelah latihan.

10. Mengurangi kolesterol

Dipasangkan dengan diet sehat, melakukan latihan pemansan olahraga yang berkepanjangan dapat membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan pengerasan arteri, membantu seseorang menghindari penyakit jantung.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Belum ada Komentar untuk "10 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel